3 Cara Mematikan Keyboard Laptop

2 min read

Cara Mematikan Keyboard Laptop

Alasan dari mengapa seseorang ingin mematikan keyboard bawaan laptop ada banyak. Misalnya karena lebih nyaman menggunakan keyboard external, atau keyboard bawaan error / rusak dan akhirnya harus menggunakan keyboard external.

Ada beberapa cara mematikan keyboard laptop yang bisa kamu coba.

Cara Mematikan Keyboard Laptop

Buat kamu yang ingin menonaktifkan keyboard laptop, inilah cara melakukannya baik sementara maupun permanen:

  1. Cara Mematikan Keyboard Laptop Lewat Device Manager

Cara Mematikan Keyboard Laptop Lewat Device Manager

Bisa dibilang bahwa Device Manager merupakan panel kontrol dari perpanjangan konsol manajemen Microsoft. Yang memberi pengguna tampilan terorganisir dari seluruh perangkat keras yang dikenali Windows.

Termasuk keyboard, hard disk drive, perangkat USB, dan lain-lain. Device Manager ini akan memilah semua perangkat keras dalam daftar sesuai dengan kriteria tertentu.

Dan ketika ada perangkat keras yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali, Device Manager akan memberitahu pengguna.

Device Manager juga dapat digunakan untuk mengontrol perangkat, mengaktifkan atau menonaktifkan, mengkonfigurasi, mengidentifikasi masalah antar perangkat, dan sebagainya.

Kamu bisa menonaktifkan keyboard bawaan laptop lewat pengaturan Device Manager dengan cara berikut:

 

  • Klik menu Search Windows (gambar kaca pembesar) di di pojok kiri bawah yang ada di layar laptop, lalu ketik Device Manager dan tekan tombol Enter.

 

  • Setelah jendela Device Manager terbuka, cari dan klik kiri dua kali pada opsi Keyboard.

 

  • Setelah muncul menu drop down, pilih Standard PS/2 keyboard yang merupakan sebutan lain untuk keyboard bawaan atau internal laptop. Dengan klik kanan satu kali, lalu pada daftar opsi yang muncul, pilih Update driver dengan klik kiri satu kali.

 

  • Pada tampilan selanjutnya, pilih Browse my computer for driver software, kemudian klik tulisan Let me pick from a list of device.

 

  • Selanjutnya, klik kotak kecil di sebelah tulisan Show compatible hardware untuk menghilangkan centangnya. Dan akan muncul daftar perangkat keras yang tidak terpasang di laptop atau sudah dinonaktifkan, salah satunya adalah keyboard internal dengan nama Standard PS/2 keyboard tadi.

 

  • Klik tombol Next dan saat muncul pop up notifikasi, klik tombol.

Sekarang keyboard kamu akan nonaktif tapi hanya sementara. Karena saat kamu merestart atau mematikan lalu menyalakan kembali laptop.

Laptop kamu akan secara otomatis menginstal ulang driver untuk keyboard sehingga keyboard akan bisa digunakan kembali seperti biasa.

  1. Kombinasi Tombol

Kombinasi Tombol

Cara kedua ini termasuk lebih mudah dan cepat tapi juga hanya bersifat sementara, jadi setelah kamu mematikan laptop dan menyalakannya kembali, keyboard kamu akan kembali aktif.

Namun sayangnya, kombinasi tombol ini tidak bekerja di semua merek dan tipe laptop. Adapun kombinasi tombol yang dimaksud adalah F1 atau F12 ditekan secara bersamaan dengan tombol FN.

Baca Juga : 3 Cara Mengubah JPG ke PNG Hanya dalam 2 Menit

  1. Lewat Policy Editor

Lewat Policy Editor

Jika kamu ingin menonaktifkan keyboard secara permanen, kamu harus mematikan kemampuan Windows untuk menginstal driver secara otomatis.

Jadi ketika kamu merestart laptop atau mematikannya dan menggunakannya setelah beberapa jam, keyboard tidak akan aktif kembali.

Adapun cara untuk mematikan kemampuan Windows menginstall ulang driver tadi adalah lewat Policy Editor. Berikut langkah-langkahnya:

 

  • Buka menu Search Windows dan ketik msc.

 

  • Setelah jendela baru terbuka, klik kiri satu kali pada menu Computer configuration file, lalu klik dua kali pada folder bernama Administrative template.

 

  • Selanjutnya klik kiri dua kali pada folder bernama System, lalu cari dan klik kiri dua kali pada folder bernama Device installation.

 

  • Sekarang cari dan klik kiri dua kali pada folder Device Installation Restrictions. Setelah muncul sejumlah daftar, pilih Prevent installation devices, dan akan terbuka sebuah jendela pengaturan baru. Klik opsi Enabled, kemudian klik tombol Ok, dan selesai.

Cara mematikan keyboard laptop sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan, baik yang permanen atau pun semenatara.

Kamu juga bisa dengan mudah mengembalikannya ke settingan awal dengan mengikuti langkah-langkah di atas tapi melakukan pertintah yang sebaliknya.

Edit Tulisan Online Keren

Miledent
2 min read

Cara Menonaktifkan Wa

Miledent
1 min read

2 Replies to “3 Cara Mematikan Keyboard Laptop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *