Cara Meningkatkan Performa Laptop

2 min read

Cara Meningkatkan Performa Laptop

Menggunakan laptop yang dengan performa yang bagus pasti sangat membantu kita terutama yang sering menggunakannya dalam pekerjaan sehari hari. Mulai dari mempercepat kinerja dan pekerjaan kita, kita juga bisa merasakan kenyamanan.

Banyak juga yang mengeluh mengenai performa yang ada pada laptop, sehingga tak jarang kita semakin kesal dan marah dengan performa laptop.

Hal tersebut pastinya tidak diinginkan oleh siapa saja termasuk kita pastinya. Namun jika performa yang kurang baik terjadi kepada kita apakah ada solusinya dan bagaimana caranya ?

Pastinya ada solusi dari permasalahan tersebut, melalui cara yang akan kami jelaskan kepada anda berikut ini, sehingga performa laptop anda akan memuaskan atau kembali seperti sebelumnya.

1. Refresh Laptop Untuk Performa Laptop

Refresh laptop Anda Untuk Performa Laptop

Dengan refresh laptop anda di setiap kali membuka laptop pertama kali dapat meningkatkan kestabilan yang ada di laptop.

Dapat di ibaratkan laptop baru bangun dari tidurnya kemudian kita suruh untuk mengerjakan sesuatu saat itu juga. Pastinya pekerjaan tersebut tidak terlaksana dengan baik atau belum sepenuhnya dalam performa terbaik.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya kita harus refresh terlebih dahulu atau memberikan waktu sejenak kepada laptop agar bangun secara sempurna.

Sehingga performa laptop nantinya akan semakin bagus dan sesuai dengan yang kita harapkan dan kita inginkan.

Cara refresh laptop yang bisa anda gunakan adalah dengan klik kanan mouse dan nanti anda akan menemukan tulisan refresh kemudian anda klik.

Atau dengan cara yang lebih mudah atau cepat yaitu dengan menekan tombol F5, sama seperti klik kanan di atas.

Hal tersebut bisa anda lakukan setiap kali membuka laptop anda dan di usahakan rutin agar performa semakin stabil. Dan jika belum stabil juga anda bisa menggunakan cara yang selanjutnya.

2. Menghapus aplikasi atau file yang tidak terpakai atau tidak perlu

Dengan menghapus file atau aplikasi yang tidak dipakai merupakan alternatif selanjutnya yang bisa anda terapkan di laptop anda.

Terkadang aplikasi atau file yang tidak kita gunakan berukuran besar sehingga dapat mengganggu performa laptop kita. Maka dari itu alangkah baiknya anda menghapus aplikasi tersebut agar tidak berakibat buruk terhadap performa dari laptop tersebut.

Untuk meghapusnya cukup mudah anda bisa mencari control panel dan cari uninstall aplikasi kemudian anda cari aplikasi yang ingin anda hapus.

Jika sudah anda bisa mengklik kanan atau mengklik aplikasinya nanti akan muncul tulisan uninstall lalu anda klik dan tunggu beberapa saat.

Tunggu sampai aplikasi tersebut benar benar terhapus dengan sempurna, kemudian jika sudah anda bisa mengeceknya secara langsung.

Jika belum terhapus juga, anda bisa restart laptop anda dan tunggu hingga menyala kembali, lalu apa yang terjadi setelahnya apakah sudah berbeda dari sebelumnya atau belum.

Baca Juga : Cara Membuat blog 

3. Nonaktifkan aplikasi berat dan ukuran besar

Dengan menonaktifkan aplikasi yang berat juga bisa membantu laptop anda, yang mungkin terasa lebih berat. Sehingga anda bisa melakukan apa saja di laptop, dan laptop anda akan terasa ringan dan lebih cepat lagi.

Cara menonaktifkan aplikasi pemberat caranya mudah, anda tinggal Mencari task manager kemudian anda akan melihat aplikasi yang sedang berjalan. Jika sudah terlihat silahkan hentikan aplikasi yang anda rasa membuat laptop semakin berat.

Pastikan anda menggunakan  aplikasi yang memang benar-benar anda butuhkan saja untuk meringankan laptop. Dan dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan anda juga bisa menghemat baterai yang diserap oleh laptop juga.

4. Hapus cache browsing

Hapus cache browsing 

Yang selanjutnya anda bisa juga menghapus cache browser baik secara manual, atau dengan menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di google.

Kemudian anda jalankan aplikasi tersebut dan hapus cache setelah anda browsing-browsing di internet. Kalau bisa setiap anda masuk kedalam komputer usahakan untuk menghapus cache dan liat apa yang bisa anda dapatkan setelah menghapus cache.

Mungkin itu apa yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai cara meningkatkan performa laptop, semoga bisa membantu anda untuk meningkatkan performa laptop, sekian dari kami dan terimakasih.

One Reply to “Cara Meningkatkan Performa Laptop”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *